Rabu, 08 November 2017

Pernikahan Kahiyang-Bobby, Salah Satu Prototipe Islam Nusantara Dalam Budaya Jawa


Perhatian publik hari ini sebagian besar tertuju pada kegiatan yang digelar oleh Presiden Joko Widodo, yaitu pernikahan putrinya Kahiyang Ayu bersama Bobby Afif Nasution. Prosesi tersebut digelar di Graha Saba Buana,  Solo. Acara dimulai jam 08.50 WIB.

Prosesi pernikahan tersebut sengaja diadakan dengan menggunakan tradisi Jawa. Dimana tradisi tersebut, telah diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Terlihat sederhana namun tidak mengurangi kesakralan dari sebuah pernikahan.

KH. Said Aqil Siraj memuji prosesi pernikahan tersebut sebagai prototipe Islam Nusantara dalam tradisi Jawa.

"Adapun selebihnya merupakan budaya Islam Nusantara,  akadnya adalah syariat.  Selebihnya budaya yang tetap harus dilestarikan yang merupakan bagian dari Islam Nusantara". Demikian KH. Said dalam khutbah pernikahan Khiyang-Bobby.

Dalam akad nikah,  Jokowi bertindak sebagai wali dari putrinya.  Semnatara sakasi dari pihak Kahiyang adalah Jusuf Kalla dan KH. Ma'ruf Amin. Untuk saksi dari pihak pria ada Syafii Maarif dan Darmin Nasution.

Proses ijab kabul dipandu oleh Basir selaku kepala KUA Banjarsari. Adapun mahar pernikahan yang diserahkan oleh Bobby seperangkat alat sholat dan emas 80 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar