Minggu, 05 November 2017

Khotmul Qur'an, Tahlil dan Sholawat Ciri Khas Agenda Rutin Bulanan IKBAL Kalbar


Sekitar jam 17.00 WIB rombongan keluarga besar Al-Amien Kota dan Kubu Raya bertolak dari terminal Agro Bisnis menuju kediaman Ust. Mukhlish Anjongan Pinyuh. Pemberangkatan sedikit molor karena Pontianak sedang diguyur hujan cukup lebat. Beberapa anggota IKBAL terpaksa harus menepi terlebih dahulu menunggu hujan agak reda.

Rombongan yang menuju Anjongan Pinyuh terbagi menjadi dua,  satu rombongan menggunakan Bus dan satu rombongan yang lain menggunakan mobil pribadi.  Sekitar dua jam semua rombongan akhirnya sampai ke Galang dengan selamat. 

Seperti biasa,  kehangatan dan kekeluargaan selau menjadi ciri pada setiap pertemuan rutin IKBAL. Sehingga pada setiap pertemuan,  kediaman tuan rumah selalu terasa menjadi rumah bersama dimana segala canda dan sapaan kekeluargaan terjadi renyah tanpa terkesan dibuat-dibuat. 

Begitu semua dirasa sudah lengkap,  acara formal bulanan IKBAL Kalbarpun dimulai.  Dibuka dengan tawassul kepada Rasulullah,  sahabat, para ulama dan seluruh Kiyai Pond. Pest. Amien Prenduan.  Dalam hal ini langsung dipimpin oleh Ust. Mukhlish yang dianggap cukup senior di lingkungan IKBAL Kalbar. 

Berikutnya,  khotmul Quran oleh seluruh anggota yang dibagi satu juz untuk setiap orang.  Khotmul Quran kemudian dilanjutlan dengan tahlil yang dipimpin oleh Ust.Imam Turmudzi. Sebagai puncaknya diakhiri dengan pembacaan Sholawat Nabi yang dalam hal ini dipimpin oleh saudara Ach. Tijani. 

Sebagai penutup dari rangkaian acara inti adalah doa,  dalam hal ini langsung dipimpin oleh Ketum IKBAL Ust.  Supardi. Begitulah acara inti IKBAL Kalbar yang cukup sederhana,  namun tetap memperlihatkan nilai-nilai religiusitas dan kesantrian yang tinggi. 

Begitu usai acara inti, dilanjutkan dengan makan bersama dengan obrolan khas santri. Membuka perbicangan santai,  Ketum meminta seluruh anggota agar terus istiqamah dan semangat menjalankan tradisi baik tersebut dan juga terus mengajak teman-teman yang lain yang belum dapat bergabung agar bisa bergabung pada acara rutin bulanan IKBAL. 

Pada intinya acara rutin IKBAL Kalbar semakin hari semakin menunjukkan progres yang lebib baik dari sebelumnya.  Bahakan dalam kesempatan kali ini terdapat beberapa hal yang dibicarakan termasuk agenda jangka panjang IKBAL yang bermimpi memiliki usaha bersama sebagai lahan kesejahteraan anggota dan juga motivasi untuk ikut memberi pemasukan untuk pondok. 

Semoga dari Qur'an,  tahlil dan sholawat yang dibaca pada setiap pertemuan bulanan IKBAL Kalbar segala niat baik diijabah oleh Allah SWT.  Amin.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar