Selasa, 17 Oktober 2017

Pemilihan Ketum IKBAL Kalbar Jadi Sorotan Dunia

Pemilihan ketua IKBAL Kalbar yang berlangsung selama 2 hari 14-15/10 telah menjadi perhatian dunia. Terpantau dari blog IKBAL Kalbar setidaknya ada 9 negara yang ikut mempir di laman blog tersebut.

Amerika Serikat menjadi negara urutan pertama yang cukup rajin memantau dinamika kegiatan IKBAL Kalbar, khususnya selama pemilihan ketua IKBAL berlangsung. Suatu realita di luar espektasi, dimana kegiatan demokrasi kecil menjadi peristiwa imut yang cukup banyak mengundang perhatian dunia.

Warga IKBAL Kalbar cukup bersyukur dengan adanya lirikan dunia internasional, walau belum layak untuk dibangga-banggakan. Karena yang paling penting pesta demokrasi itu telah berhasil dilalui tanpa ada peristiwa yang menciderainya. Setidaknya, lebih baik dari negeri tetangga.

Dalam pemilihan ketua IKBAL Kalbar benar-benar bersih dari segala riswah maupun bentuk money politic lainnya. Jadi, tidak ada istilah serangan fajar atau term-term pejoratif lain yang menciderai semangat demokrasi. Semua berjalan atas dasar-dasar demokrasi murni tanpa kepentingan piggiran apapun.

Proses yang baik ini layak disebarluaskan pada proses demokrasi yang lebih luas. Semua capaian tersebut tentu juga dilatarbelakangi warga IKBAL Kalbar yang cukup dewasa dalam berpolitik.

Semoga negeri tetangga juga dapat meneladani proses demokrasi suci tersebut, sehingga tidak perlu ada huru hara berbau black campaign bermotiv SARA. Mari kita belajar lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar