Rabu, 16 Mei 2018

Marhaban Ya Ramadhan





Selamat datang Bulan Suci Ramadhan. Bulan yang selalu ditunggu oleh setiap insan yang beriman. Bulan penuh berkah, maghfirah, rahmah dan 'itqun minnnar.

IKBAL Kalbar ikut menyambut semarak bulan Ramdhan dengan penuh bahagia. Semoga selama sebulan penuh ini seluruh keluarga besar alumni,  santri dan simpatisan Pond. Pest. Al-Amien di Kalbar dapat mengisi bulan Ramadhan ini dengan amal dan ibadah.

Selain itu, IKBAL Kalbar juga berdoa semoga umat muslim dan negeri ini selalu dalam lindungan dan Ridha Allah SWT. Dijauhkan dari marabahaya, dimudahkan rejekinya dan dimuliakan hidupnya.

Segala apapun yang dirasa merusak nilai puasa agar dijauhi. Membagi berita yang tidak bermanfaat, bersenda gurau yang berlebihan serta terlalu tenggelam di dunia medsos.

Bersegeralah membuka Al-Quran,  membaca huruf-hurufnya,  memahami kandungan maknanya, mengamalkan ajarannya dan menyampaikan nilai kebenarannya.

Jadikan puasa sebagai media bukan sebagai tujuan. Tetapkanlah taqwa sebagai tujuan,  yaitu orang yang tidak hanya takut (khouf)  tetapi harus sampai pada khosyah. Kedua kata tersebut sering diterjemahkan sama,  tapi sebenarnya punya nilai yang berbeda.

Khouf itu takut yang masih memungkinkan menyeleweng, tapi khosyah adalah takut karena atas kesadaran, ketaatan serta keyakinan adanya kebenaran di dalamnya. Keduanya itu dalam bahasa sederhana disebut dengan taqwa.

Melalui puasa itulah kita semua dilatih agar kemudian dapat sampai pada predikat muttaqin atau orang-orang yang memahami bahwa amalnya adalah perintah dari Allah yang medatangkan kebaikan dan kebenaran bagi diri dan orang lain. Begitu sebaliknya,  segala apa yang ditinggalkan adalah apa yang dilarang oleh Allah yang juga tidak bermanfaat bagi diri dan orang lain.

Selamat berpuasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar