Minggu, 12 November 2017

IDIA Kembali Menjadi Juara Umum Nasional Di Festival Bahasa Arab


IDIA (Institut Dirosat Islamiyah al-Amien)  memang tidak pernah menyatakan secara terbuka sebagai kampus bahasa atau kampus Internasional.  Namun sejak dari berdirinya,  penulisan skripsi bagi para calon sarjananya menggunakan Bahasa Arab atau Bahasa Inggris.

Berbagai program hadir dalam perkuliahan pada setiap fakultas dan jurusan (merujuk pada era 2000-2008). Pertama ada program plus,  program ini khusus bagi para alumni TMI/Tahfidz yang juga berfungsi sebagai tenaga pengajar di lembaganya masing-masing.  Pada program ini transaksi perkuliahan, mulai dari proses kuliah sampai pada kegiatan ilmiah lainnya wajib menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Kedua,  ada program intensif. Program ini adalah program spesial bagi para mahasiswa yang juga menjadi santri penuh di Al-Amien. Pengantar perkuliahan tidam berbeda dengan program plus, yaitu menggunakan Inggris dan Arab. Perbedaannya terletak pada tidak adanya tanggung jawab mengajar resmi di kelas.

Ketiga,  program reguler yang berkomposisi mahasiswa lepas, dimana mereka hanya terlibat pada proses perkuliahan biasa seperti halnya perkuliahan di kampus-kampus lain. Namun demikian,  oleh karena hampir sembilan puluh persen atmosfer kampus menggunakan bahasa Arab dan Inggris,  maka tidak jarang mahasiswa reguler juga cukup mahir dan familiar dengan dua bahasa tersebut.

Sampai saat ini,  IDIA terus mempertahankan tradisi baik tersebut. Diinformasikan oleh Ust. Asmu'i Marto salah seorang alumni via pesan WA,  bahwa mahasiswa IDIA kembali menjadi juara umum Nasional dalam event Festifal Bahasa Arab di Malang.

Tercatat,  Muhaidin berhasi menjadi juara satu puisi.  Kemudian Abdul Hakim,  Miftah dan Saief berhasil menjadinjuara satu debat. Terakhir ada Seif dinobatkan sebagai the best speaker.

Dengan capaian prestasi yang cukup fantastis tersebut,  seluruh alumni IDIA yang tersebar ke seluruh pelosok negeri ini ikut berbahagia. Semoga prestasi tersebut menjadi pemicu agar IDIA tetap istiqamah dan terus maju menjadi perguruan tinggi yang dapat diperhitungkan secara nasional,  terlbih bisa sampai internasional.  Semoga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar